7.4.24

SOAL PENALARAN MATEMATIKA (Bagian 2)

Berikut ini kami berikan beberapa contoh soal Penalaran Matematika dan pembahasannya. Untuk kunci jawaban dan link pembahasan bisa dilihat di tiap akhir bagian soal.

Soal Penalaran Matematika

Teks berikut untuk soal No. 1 - 3.
Kambing ditempatkan dalam kandang pada suatu halaman penuh rumput. Kandang berbentuk persegi panjang ABCD dengan panjang AB = 12 meter dan lebar AD = 9 meter. Kambing ditambatkan pada dinding AB dengan tali yang panjangnya t meter. Pangkal tali ditambatkan pada dinding AB di titik P berjarak  x  meter dari titik sudut A.

SOAL 1
Jika diketahui bahwa 0 < t < 6 meter, daerah merumput kambing akan maksimal jika ….
A. t/2 ≤ x ≤ 6 + t/2
B. 6 - t ≤ x ≤ 12 - t
C. t/2 ≤ x ≤ 6 + t
D. t ≤ x ≤ 6 + t
E. t ≤ x ≤ 12 - t

SOAL 2
Misalkan AP = x = 3 dan panjang tali untuk kambing pertama adalah t meter, t ≤ 9. Kambing kedua ditempatkan dalam kandang diikat dengan tali yang ditambatkan ke titik Q di dinding BC. Peternak kambing perlu meyakinkan bahwa kedua kambing tidak bertemu dan berebut rumput. Jika BQ = 6, panjang tali untuk kambing kedua tidak boleh lebih dari ... meter.
A. 
B. 
C. 
D. 
E. 

SOAL 3
Misalkan tali kambing pertama ditambatkan di titik A dan tali kambing kedua di titik C. Panjang tali pertama adalah t meter, dengan 6 ≤ t ≤ 9. Jika panjang tali kambing kedua adalah maksimal sehingga kedua kambing tidak bertemu, jumlah luas daerah merumput kedua kambing akan mencapai nilai minimum untuk t = .... 
A. 6
B. 7
C. 7,5
D. 8,5
E. 9,5

Kunci Jawaban :
1. E
2. B
3. C

Lihat PEMBAHASAN  

BACA JUGA :

PEMBAHASAN SOAL PENALARAN MATEMATIKA (Bagian 1)

PEMBAHASAN SOAL PENGETAHUAN KUANTITATIF (Bagian 1)

0 comments:

Post a Comment